Langsung ke konten utama

Mutu Pelayanan Kesehatan

Pelayanan kesehatan yang bermutu menjadi hak setiap orang, yang menjadi pertanyaan adalah pelayanan kesehatan seperti apa yang dapat dikatakan bermutu. Menjadi pertanyaan selanjutnya bagaimanakah mutu ini dapat dicapai, perlu kita tanamkan bahwa mutu itu dapat dicapai hanya melalui suatu design yang terencana dengan baik, bukan sebagai suatu kebetulan ataupun akibat suatu "privilage" tertentu.
Avedish Donabedian sejak tahun 1966 berupaya mengembangkan suatu kerangka evaluasi mutu pelayanan yang terdiri dari : struktur, proses, dan outcome. Struktur adalah kondisi yang harus dipenuhi sebagai prasyarat untuk menyediakan pelayanan. Proses adalah merupakan berbagai aktivitas dan prosedur yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Outcome menunjukkan hasil dari suatu upaya, baik di tingkat individu ataupun populasi. Struktur yang memadai diperlukan untuk melakukan proses pelayanan yang ideal, agar menghasilkan outcome yang optimal. Dengan pemahaman ini, mutu bukanlah suatu ketidaksengajaan.
Pendekatan lain untuk menunjukkan pentingnya mutu pelayanan kesehatan adalah dengan mencermati karakteristik pelayanan yang buruk. Ernest A. Codman (1869-1940), seorang ahli bedah, telah lama menyadari bahwa manusia tidak mungkin lepas dari kesalahan. Dari 337 pasien yang ditanganinya pada kurun waktu lima tahun (1911-1916), lebih dari sepertiganya (36,5%) mengalami kejadian yang tidak diharapkan (KTD) (Neuhauser, 2002). Evaluasi ini dilakukan Codman secara sukarela dan hasilnya diinformasikan kepada khalayak luas. Sebuah kontemplasi yang kelak di kemudian hari baru dirasakan manfaatnya oleh sesama.
Dengan memperhatikan fenomena Codman, diperlukan suatu keterbukaan dalam peningkatan mutu, disertai dengan penerapan konsep mutu Donabedian diharapkan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu, sehingga dengan demikian mutu bukanlah suatu kebetulan dan juga bukan "privilage" khusus untuk orang tertentu karenan alasan kedekatan hubungan, tetapi merupakan suatu upaya pelayanan yang didesign dengan baik.

(citation : Adi Utarini, 2011)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Kesehatan di Taiwan; universal coverage health insurance (Oleh-oleh dari Benchmarking ke Taiwan, Juni 2012)

Sistem kesehatan menjadi topik yang sangat menarik untuk dibahas, masing-masing Negara menerapkan sistem kesehatan yang sesuai dan hampir tidak ada suatu Negara yang menerapkan sistem kesehatan sama persis dengan Negara lain. Tidak ada sistem pelayanan kesehatan yang terbaik, yang ada adalah sistem yang paling sesuai atau paling ideal untuk diterapkan di suatu Negara. Pada kesempatan ini akan dikupas sedikit informasi tentang sistem kesehatan di Taiwan berdasarkan hasil kunjungan ke Taipei Medical University, Taipei medical university hospital, Taipei city hospital, Beaureu of National Health Insurance, dan Pusat data Statistik Departemen Kesehatan Taiwan. Ringkasnya adalah sebagai berikut : 1.       Pendahuluan Taiwan ( Republic of China ) merupakan negara yang terletak di sebelah timur daratan China dengan luas wilayah mencapai 36.193 Km 2 . Berdasarkan data tahun 2011, jumlah penduduk Taiwan mencapai 23.224.912 jiwa dengan GDP per kapita mencapai US$ 20.139. Kesehatan menda

Contoh Soal Ujian Profesi PAMJAKI

Buat peserta ujian Profesi Pamjaki, berikut saya share soal-soal ujian Pamjaki semoga dapat membantu menyelesaikan ujian, silahkan klik link berikut untuk masing-masing modul. SELAMAT BELAJAR....... http://www.4shared.com/office/WCu7Q0-r/SI_September2012.html http://www.4shared.com/office/KGH4Q99H/MEseptember2012.html http://www.4shared.com/office/i4g9dl33/ME_April_2013.html http://www.4shared.com/office/zs1fYuXt/FRdesember2011.html http://www.4shared.com/office/QtpEAEVT/LTC_April_2013.html berikut contoh soal yg saya dapat dari blog http://dwierna407.blogspot.com : AKN-20-april-2012 FA-18-april-2012 FB-18-april-2012 dari Blog http://hafidzf.wordpress.com MCA_Desember_2009 MCB_April_2010

Catatan Kuliah : Segmentasi Pasar Rumah Sakit

Segmentasi pasar rumah sakit dapat kita tinjau dari tingkat teknologi di suatu rumah sakit dan tingkat sosial ekonomi masyarakat, sederhananya segmentasi rumah sakit dapat kita lihat pada matrik berikut : Masyarakat yang tergolong dalam kelompok sosial ekonomi tinggi cenderung akan memilih rumah sakit yang memiliki teknologi kedokteran yang tinggi yang biasanya tersedia di Rumah Sakit Luar Negeri...... ( to be continue )